Berikut adalah beberapa nilai berdasarkan Kitab Suci :

1) Kedaulatan Tuhan. ‘mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab- Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya’ (Mazmur 139:16). Anda dapat tenang karena mengetahui bahwa Allah memiliki keputusan akhir atas segala sesuatu yang menjadi perhatian Anda (Mazmur 138:8). Ketika semua dikatakan dan dilakukan, Anda memiliki takdir yang teratur. Ketika Anda mengetahuinya, Anda tidak perlu mencoba memanipulasi orang dan keadaan untuk keuntungan Anda. Anda hanya perlu berjalan melalui pintu yang Tuhan buka dan berdamai dengan pintu yang Dia tutup, mengetahui bahwa Dia selalu memikirkan yang terbaik untuk Anda.

2) Integritas. ‘Integritas orang yang lurus hati membimbing mereka.’ Saat Anda berjalan dalam integritas, Anda akan mengalami kedamaian Tuhan karena Anda tahu bahwa Anda telah melakukan hal yang benar di hadapan-Nya. Integritas tidak hanya jujur atau mengatakan kebenaran tetapi juga memastikan apa yang Anda katakan adalah kebenaran. Dengan kata lain, Anda menjadikan kata Anda ikatan Anda. Mazmur 15:4 mengatakan bahwa salah satu ciri orang yang tinggal di hadirat Tuhan dan melakukan kehendak-Nya adalah bahwa mereka ‘menepati janjinya meskipun itu menyakitkan’.

3) Kerendahan hati. ‘kerendahan hati memenangkan pujian. (Amsal 15:33). Kerendahan hati bukanlah rasa tidak berharga, melainkan penerimaan atas kekuatan yang diberikan Tuhan dan keterbatasan yang diizinkan Tuhan. Kelebihan Anda jangan sampai membuat Anda sombong, dan keterbatasan Anda jangan sampai membuat Anda gentar, karena Tuhan sudah berjanji, ‘Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna’ (2 Korintus 12:9).

Sumber : Renungan Hari Ini
Edisi : Minggu, 23 Juni 2024