BAGAIMANA MEMBANGUN KESABARAN (3)

Berikut adalah dua hal lagi yang perlu Anda lakukan untuk mengembangkan kesabaran :

1) Kembangkan selera humor. Kata Alkitab, ‘Hati yang tenang menyegarkan tubuh’ (Amsal 14:30). Penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa orang yang tertawa, hidup lebih lama. Humor adalah pelepas stres. Ini adalah penangkal ketakutan. Ini adalah obat penenang tanpa efek samping yang mengganggu. Ini adalah peredam kejut untuk lubang kehidupan. Ketika Anda dapat melihat sisi lucu dari suatu situasi, itu menghancurkan kekuatan situasi atas Anda. Ketika Anda memercayai Tuhan dengan masalah Anda, Anda dapat terus memiliki hati yang gembira.

2) Perdalam kasih Anda. tulis Paulus, ‘Kasih itu sabar;’ (1 Korintus 13:4). Itu berarti ketika Anda tidak sabar, Anda tidak mengasihi. Saat Anda mencintai seseorang, Anda mengkhawatirkan keinginan, kesusahan, kebutuhan, dan sudut pandang orang itu – bukan hanya keinginan Anda sendiri. Ketika Anda dipenuhi dengan cinta, hampir tidak ada yang dapat membuat Anda marah atau tidak sabar. Di sisi lain, saat Anda dipenuhi amarah, hampir semua hal dapat memprovokasi Anda. Di bawah tekanan, apa pun yang ada di dalam diri Anda akan keluar.

Jadi, perdalam kasih Anda. ‘Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.’ (Efesus 4:2). Satu pemikiran lagi: ketika Anda belajar untuk mencintai orang yang membuat Anda kesal, Anda mengambil senjata dari tangan Setan yang dapat dia gunakan untuk melawan Anda.
Hari ini berdoalah, ‘Tuhan, jadikan aku orang yang lebih sabar.’

Sumber : Renungan Hari Ini
Edisi : Jumat, 21 Juni 2024
.
#suaragratiafm #renunganhariini #motivasikristen #radio #kotacirebon