SUARA GRATIA,CIREBON – Festival Kuliner dan Seni Budaya Minang diadakan di Taman Parkir Barat, Grage Mall Cirebon, merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Cirebon Ke-597 yang di mulai pada Rabu (10/7). Kegiatan ini berlangsung 10-14 Juli 2024. Dalam gelaran tersebut, pengunjung disuguhkan dengan pagelaran seni budaya dan juga kuliner khas Minangkabau yang didatangkan langsung dari Tanah Minang. Ada ratusan menu khas Minang yang disuguhkan dalam festival tersebut.

Panitia Penyelenggara Festival Budaya dan Kuliner Minangkabau, Muhammad Edial Sanif mengatakan, festival ini diselenggarakan sebagai kado istimewa pada Hari Jadi ke-597 Cirebon.

“Keberadaan Kota Cirebon betul-betul dirasakan oleh masyarakat Minang sebagai kampungnya sendiri,” kata dia yang juga merupakan sesepuh Perantau Minang.

Tidak hanya itu, Festival Budaya dan Kuliner Minang datang ke Kota Cirebon dapat meningkatkan sinergitas antara Sumatra Barat dengan Kota Cirebon.

Event ini bisa menjadikan satu keterikatan psikologis antara Kota Cirebon dan Sumatera Barat. Ini kegiatan pertama kali diadakan selama 597 tahun adanya Kota Cirebon,” tuturnya

Sementara itu, Pj Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi turut hadir dan membuka Festival Kuliner dan Seni Budaya Minang.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota mengatakan, hal-hal filosofis yang terkandung dalam beragam seni, budaya, hingga kuliner Minang ini tentu saja harus diapresiasi dan pelajari.

“Kita semua patut bangga atas keragaman budaya yang dimiliki dan juga mempererat persatuan sebagai bangsa Indonesia. Menjadi ikatan emosional yang terus kita gali dan jaga,” ujarnya.

Pj Wali Kota berharap perantau Minang yang ada di Kota Cirebon bisa memberikan dukungan dan partisipasi bagi pembangunan di Kota Cirebon.

“Dengan kegiatan seperti ini, bagian dari apa yang dipijak dan dijungjung, tapi akar kita tetap kokoh pada budaya dari masing-masing,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Pj Wali Kota juga mengajak untuk mensyukuri segala pencapaian baik selama ini dan bersedia untuk memperbaiki apa yang belum sempurna di masa lalu. (Humas Pemkot Cirebon)