Salah satu manfaat utama bergabung dengan gereja atau kelompok komunitas adalah dukungan dan dorongan yang kita terima dari satu sama lain. Alkitab mengatakan kita tidak dimaksudkan untuk sendirian. ‘TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.” Kejadian 2:18.

Salah satu ciri gereja mula-mula adalah kesetiaan mereka untuk tetap terhubung satu sama lain karena mereka tahu bahwa keterhubungan tidak terjadi begitu saja. Mereka bertemu bersama setiap hari. Mereka makan bersama. Namun, seiring waktu, hal itu terjadi sedikit demi sedikit. Demikian kata penulis Ibrani: ‘Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat’ (Ibrani 10:24-25).

Saling melayani mendorong kedua belah pihak dan memberi kita tujuan mengetahui bahwa pelayanan kita mengubah kehidupan orang lain. Orang-orang menanggapi dengan mengetahui bahwa mereka tidak sendirian dalam rasa sakit mereka dan bahwa seseorang cukup peduli untuk mendengarkan dan meyakinkan mereka bahwa situasi ini akan berlalu. Setiap hari, setiap orang yang Anda kenal menghadapi hidup dengan mempertaruhkan keabadian, dan hidup memiliki cara untuk mengalahkan orang.

Setiap kehidupan membutuhkan bagian yang bersuka. Setiap kehidupan membutuhkan bahu untuk bersandar sesekali. Setiap kehidupan membutuhkan doa untuk mengangkat mereka di hadapan Tuhan. Setiap kehidupan membutuhkan pelukan untuk memeluk mereka kadang- kadang. Setiap kehidupan perlu mendengar suara yang mengatakan, “Jangan menyerah.”

Sumber : Renungan Hari Ini
Edisi : Kamis, 27 Juni 2024