Apa konsep Anda tentang Tuhan? Ketika Anda berdoa, ‘Bapa Kami,’ apa yang Anda lihat? Apakah Anda melihat orang tua yang menelantarkan Anda, melecehkan Anda, atau menyerahkan tanggung jawabnya kepada Anda? Apakah Anda memikirkan ayah yang marah yang menuduh tetapi tidak pernah membenarkan Anda; dengan kata lain, Tuhan menunggu untuk menyerang Anda setiap kali Anda melakukan kesalahan? Jika demikian, Anda perlu mengubah konsep Anda tentang Tuhan.

Alkitab berkata: ‘TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai’ (Zefanya 3:17). Mari kita uraikan Kitab Suci ini:

1) ‘Tuhan, Allahmu, ada diantaramu.’ Dia bukanlah dewa yang jauh, tetapi Bapa yang dekat dan pribadi yang sangat mengasihi anak-anak tebusan-Nya.

2) ‘sebagai pahlawan yang memberi kemenangan.’ Ketika Anda mempertimbangkan kata perkasa, pikirkan Herkules satu miliar kali lipat dan Anda bahkan tidak akan mendekatinya. Hari ini Anda mungkin lemah, tetapi Dia kuat. Dosa Anda mungkin besar, tetapi anugerah keselamatan-Nya jauh lebih besar (Roma 5:20).

3) ‘Ia bergirang karena engkau dengan sukacita.’ Setiap kali Tuhan melihat Anda, Dia tersenyum dan bersukacita. Anda membuat hati-Nya senang. Apakah Anda tahu hal itu?

4) ‘Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya.’ Pernah melihat seorang ibu menggendong bayi yang menangis dan berkata, ‘Sst, sst, tidak apa-apa, aku di sini, aku mencintaimu.’ Bayi itu terhibur, merasa aman, dan pergi tidur. Itulah yang Tuhan lakukan bagi kita.

5) ‘Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai.’ Tuhan bernyanyi! Apa yang Dia nyanyikan? Anda! Saatnya mengubah konsep Anda tentang Tuhan!

Sumber : Renungan Hari Ini
Edisi : Minggu, 16 Juni 2024